https://cirebon.times.co.id/
Pendidikan

6 Perguruan Tinggi Tertua di Malang, Berikut Sejarahnya

Kamis, 11 April 2024 - 07:34
6 Perguruan Tinggi Tertua di Malang, Berikut Sejarahnya Museum Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM). (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, MALANG – Sebagai Kota Pendidikan, tak heran jika di Kota Malang terdapat puluhan perguruan tinggi. Baik univeristas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi, maupun perguruan tinggi negeri, swasta dan kedinasan.

Berikut daftar perguruan tinggi tertua di Malang.

1. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang (UM) berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang diresmikan pada 18 Oktober 1954. Penetapan dibukanya PTPG terhitung sejak 1 September 1954.

Kemudian pada 20 November 1957 berganti nama menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Malang.
Namun, nama tersebut kembali berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang, yang membuatnya menjadi salah satu IKIP tertua di Indonesia.

Hingga pada 4 Agustus 1999 berevolusi menjadi Universitas Negeri Malang (UM) yang dikenal hingga saat ini.

Pada awal pendiriannya, PTPG Malang mempunyai 5 jurusan Perintis. Di antaranya, jurusan bahasa dan sastra Indonesia, bahasa dan sastra Inggris, sejarah dan budaya, ilmu ekonomi, serta ilmu pasti alam.

Mulanya, perkuliahan diselenggarakan di Gedung SMA tugu yang sekarang menjadi SMA Negeri 1 Malang SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 4 Malang. Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 20 Juni 1955 PTPG memiliki gedung sendiri di bekas Hotel Splendid yang terletak di Jalan Tumapel 1 Kota Malang.

Pada tahun 1958 atas jasa Walikota Malang saat itu, Sarjono, lembaga ini mendapatkan sebidang tanah untuk membangun kompleks kampus yang terletak di Jalan Semarang 5 Kota Malang.

2. Universitas Brawijaya Malang

Universitas Brawijaya Malang (UB) didirikan pada 5 Januari 1963 dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 1 Tahun 1963.

Kemudian dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 196 Tahun 1963 tertanggal 23 September 1963.

Tiap tahunnya, UB selalu menjadi rujukan bagi para calon mahasiswa di seluruh Indonesia karena program studinya yang lengkap dan akreditasinya unggul.

UB memiliki 15 Fakultas yang rata-rata sudah mendapatkan akreditasi A dan masuk ke dalam 10 besar kampus terbaik di Indonesia versi Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti).

3. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang.

Pada awal berdirinya, UMM merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tanggal 19 Juni 1963.

4. Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka Malang (Unmer) berdiri sejak 5 Juli 1964.

Selain sebagai salah satu universitas tertua di Malang, Unmer juga dikenal oleh masyarakat luas sebagai institusi pendidikan tinggi yang memiliki reputasi pendidikan berkualitas. Sebab kampus swasta itu telah banyak mengukir prestasi bidang Tri Dharma.

5. Institut Teknologi Nasional Malang

Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang 1981) berawal dengan nama Akademik Teknik Nasional (ATN) Malang yang didirikan pada tahun 1969.

ITN memiliki dua kampus, yaitu kampus lama seluas 4 hektare di Jl. Bendungan Sigura-gura No. 2 dan kampus baru seluas 35 hektare (luas lahan 65 hektare) di Jl. Raya Karanglo Km 2.

6. Universitas Islam Malang

Berdirinya Universitas Islam Malang (Unisma) tahun 1981 tidak bisa lepas dari perjalanan panjang pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada 1 Januari 1959 dibuka Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Pertama di Malang dengan nama Akademi Ilmu Pendidikan Ilmu dan Agama Islam (APIAI).

Seiring perkembangannya, tahun 1961 APIAI ini berubah nama menjadi Fakultas Tarbiyah Watta’lim (FTT) yang berafiliasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU).

Selang tujuh tahun kemudian, tahun 1968 FTT UNNU ini kemudian berubah nama menjadi berganti nama menjadi Universitas Sunan Giri (Unsuri).

Pada 27 Maret 1981, berdasarkan hasil rapat, terbentuklah dua keputusan penting.

Di antaranya, mendirikan Universitas di Malang dengan nama Universitas Islam Suna Giri Malang (Unisma) dan mendirikan Yayasan dengan nama Yayasan Universitas Islam Sunan Giri Malang. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.