Wisata

Bumi Perkemahan Pasir Parat Cirebon, Tawarkan Wisata Alam Asri

Minggu, 13 Juni 2021 - 12:35
Bumi Perkemahan Pasir Parat Cirebon, Tawarkan Wisata Alam Asri Spot Buper pasir parat, .(Foto: Dede Sofiyah/Times Indonesia)

TIMES CIREBON, CIREBON – Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon memiliki potensi wisata dengan keunggulannya masing-masing. Salah satunya Bumi Perkemahan Pasir Parat, di kawasan asri pegunungan Desa Cipanas.

Selain Bumi Perkemahan Pasir Parat, di Desa Cipanas juga ada Curug Gentong.

Lokasi Bumi Perkemahan (Buper) Pasir Parat ada di blok Pager Gunung. Namun sayang, kawasan tersebut masih kurang dikenal oleh masyarakat Cirebon. Apalagi masyarakat luas. Dukungan dan promisi dari Pemerintah setempat dinilai masih minim.

Maman Sudirman, Kuwu Desa Cipanas mengatakan, wilayah bumi perkemahan tersebut sebenarnya milik Perhutani. Namun diizinkan dikelola oleh Desa Cipanas dan dijadikan sebagai destinasi wisata alam.

Wisata Alam Asri bpengunjung saat berswa foto. (Foto: Dede Sofiyah/Times Indonesia)

"Sebetulnya tempat ini baru satu tahun dilakukan penataan, hingga saat ini kami terus mencoba mengembangkan wilayah ini karena memiliki potensi yang cukup besar," ujar Maman, Minggu (13/6/2021).

Ia juga menyampaikan, atas izin dari Perhutani, pihaknya bersama kelompok masyarakat merapihkan dan menggunakan lokasi tersebut untuk dijadikan bumi perkemahan yang dibuka untuk umum.

Namun Maman mengaku, upayanya tetap membutuhkan dukungan Pemerintah agar lebih dikenal masyarakat. Dan bisa menjadi salah satu desa wisata unggulan di Kabupaten Cirebon.

"Bumi perkemahan ini dikelola oleh perwakilan sepuluh pemuda yang tergabung dalam kelompok Pagar Gunung Indah Permai (PGIP)," paparnya.

Ia pun berharap, bumi perkemahan ini bisa terus dikembangkan. Baik dari sarana dan juga prasarananya seperti toilet, spot untuk flying fox, dan lainnya. "Walaupun masih ada beberapa yang kurang, tapi sejauh ini bumi perkemahan masih terus terawat dan tidak terbengkalai," jelasnya.

Wisata Alam Asri cspot selfie di Buper pasir parat. (Foto: Dede Sofiyah/Times Indonesia)

Bumi perkemahan yang berada di atas ketinggian tersebut dikelilingi oleh bukit dan pegunungan dengan pemandangan yang hijau nan asri. Bumi perkemahan ini dibuka setiap hari, dengan harga tiket yang masih terjangkau. Untuk tiket parkirnya, sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

"Untuk pengunjung biasanya yang dateng dari Majalengka, dan Indramayu. Kalau dari Cirebon sendiri yang camping di sini belum ada, mungkin karena belum tahu,"imbuhnya.

Bumi Perkemahan Pasir Parat bisa menjadi salah satu pilihan bagi warga Cirebon yang ingin menghabiskan waktu untuk bersantai dengan pemandangan yang indah nan cantik.(*)

Pewarta : Dede Sofiyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.