Wisata

Air Terjun Roro Bedayu Pacitan, Tempat Mandi Gadis Cantik

Selasa, 27 Juli 2021 - 05:15
Air Terjun Roro Bedayu Pacitan, Tempat Mandi Gadis Cantik Salah satu warga terlihat sedang mencuci muka di air terjun roro bedayu yang masih terlihat alami (Foto: Yusuf For TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, PACITAN – Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur masih terdapat distinasi wisata tersembunyi yang tak kalah mempesona dari objek wisata di dunia yakni Air Terjun Roro Bedayu terletak di Desa Bolosingo, Kecamatan Pacitan.

Letaknya yang berada di pelosok pedalaman membuat wisata air terjun roro bedayu masih jarang di jamah manusia, begitu juga akses jalannya pun baru setapak dengan panjang 1 kilo meter dari Dusun Nglegok.

Air Terjun Roro Bedayu 2

Sebelum sampai ke lokasi, anda akan melewati DAM alias bendungan yang dibuat pada masa Pemerintahan Belanda lalu. saat ini bendungan tersebut dimanfaatkan warga untuk perairan pertanian.

"Menurut kepercayaan masyarakat turun-temurun dari nenek moyang, air terjun roro bedayu dahulunya digunakan untuk mensucikan diri para gadis cantik dari Dusun Bedayu. Sehingga kini dikenal dengan sebutan air terjun roro bedayu," katanya, Senin (26/7/2021).

Lebih lanjut, Munawan menambahkan pelajaran yang bisa diambil dari asal-muasal air terjun roro bedayu yakni bagaimana seseorang yang ingin sempurna harus mensucikan diri baik lahir maupun batin.

Air Terjun Roro Bedayu 3

"Kita dapat ambil hikmah dari air terjun roro bedayu, jika ingin menjadi manusia sempurna, maka harus mensucikan diri lahir maupun batin," imbuhnya.

Saat memasuki kawasan air terjun roro bedayu, di sana anda akan dimanjakan dengan derasnya aliran air dari tebing setinggi 10 meter yang bisa untuk terapi kesehatan tubuh.

Di bawah Air Terjun Roro Bedayu tersebut terdapat sendang yang airnya sangat jernih dan bisa untuk berenang sepanjang hari bersama keluarga.

Sebagai informasi, Desa Bolosingo merupakan salah satu desa yang kaya akan kerajinan tangan, peternakan dan industri rumahan, seperti produksi parut, ternak kambing, jajanan kolong, keripik dan aneka olahan makanan khas Kabupaten Pacitan lainnya. (*)

Pewarta : Rojihan
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.