Pendidikan

Jalin Silaturahim Pentahelix, UII Yogyakarta Sambut Kolaborasi PPI Dunia

Selasa, 12 Oktober 2021 - 11:22
Jalin Silaturahim Pentahelix, UII Yogyakarta Sambut Kolaborasi PPI Dunia Silaturahim pentahelix secara daring PPI Dunia dengan UII Yogyakarta. (foto: PPID for TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, YOGYAKARTA – Pengurus PPI Dunia (Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia) makin gencar melakukan Silaturahim Pentahelix dengan sejumlah pihak. Kali ini bersama UII Yogyakarta.

Silaturahim dipimpin langsung Koordinator PPI Dunia periode 2021-2022 Faruq Ibnul Haqi dari PPI Australia yang saat ini sedang berada di Indonesia. Dari UII ada Ir Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D., (wakil Rektor IV, Bidang Networking dan Kewirausahaan UII). Ia didampingi oleh Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., M.A. sebagai Direktur Kemitraan/Kantor Urusan Internasional UII. 

Sementara, PPI Dunia dipimpin langsung oleh Koordinatornya Faruq Ibnul Haqi. Turut membersamai Badan Pengurus Harian (Bapelha) PPI Dunia diantaranya Ika Yuwiani Puspasari sebagai Sekretaris Jenderal, Aswin Rangkuti sebagai Direktur Penelitian dan Kajian, Diman Haris Sean sebagai Direktur Kemitraan, Jaya Addin sebagai Direktur Pengembangan SDM, Andasmara Rizki sebagai Kepala Biro SPIHK dan Noor Haliza dari Kesekretariatan PPI Dunia.

Dalam momen tersebut, Faruq menyampaikan bahwa PPI Dunia dalam pergerakannya akan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan semua unsur pentahelix untuk menghasilkan sebuah inovasi program yang strategis. Khususnya dalam mendorong pembangunan nasional. 

“PPI Dunia berkomitmen untuk membangun ekosistem organisasi dengan kerangka pentahelix untuk mendorong pembangunan bangsa serta dalam rangka membersamai Indonesia Emas 2045,” ungkap Faruq yang juga kandidat doktor dalam bidang urban and regional planning di University of South Australia.

Karena itu, PPI Dunia akan menggandeng UII Yogyakarta sebagai salah satu unsur pentahelix yaitu universitas dalam prinsip kemitraan strategis untuk berkolaborasi dalam setiap programnya. "Beberapa peluang kemitraan yang dijajaki diantaranya seperti pelatihan dan sertifikasi, penelitian bersama, pengabdian kepada masyarakat, pengiriman pakar dan praktisi, hingga pengembangan penelitian dan kelilmuan," ungkapnya.

Merespons tawaran kerjasama dari PPI Dunia, Wakil Rektor UII Wiryono menyambut baik terhadap penjajakan peluang kemitraan yang dilakukan oleh PPI Dunia. UII sebagai universitas Islam tertua di Indonesia yang berdiri sebelum kemerdekaan RI, mendukung penuh program kemitraan yang ditawarkan. 

“Kebetulan yang ditawarkan PPI Dunia kepada UII semuanya bermanfaat dan sejalan dengan visi misi UII, jadi kami sangat mendukung hal tersebut,” ungkap Wing sapaan akrabnya. 

Sepemikiran dengan Wing, Direktur Kemitraan UII Dian Sari Utami juga mengamini apa yang yang akan dikolaborasikan dan disinergikan dengan UII. Dian juga menambahkan beberapa program yang akan dikolaborasikan. Seperti multikulural, student mobility, hingga penyelenggaraan konferensi ilmiah, ungkapnya.

“Kami di UII sering mengirimkan mahasiswanya ke Luar Negeri, ini akan menjadi bermanfaat ketika ada kerjasama dengan PPI Dunia pada saat mahasiswa UII Yogyakarta berada di luar negeri. Bisa melakukan kegiatan bersama disana,” ucapnya dalam silaturahim pentahelix PPID. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.