Pendidikan

Masa Pandemi Tak Menyurutkan Siswa MAN 2 Kota Cirebon Untuk Meraih Prestasi

Selasa, 26 Januari 2021 - 21:33
Masa Pandemi Tak Menyurutkan Siswa MAN 2 Kota Cirebon Untuk Meraih Prestasi Plt Kepala MAN 2 Kota Cirebon, Imas Salamah dan guru di MAN 2 Kota Cirebon (FOTO: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, CIREBON – Pandemi Covid-19 tak mematahkan semangat siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri atau MAN 2 Kota Cirebon dalam berpartisipasi mengikuti perlombaan dan meraih prestasi. Hal itu diakui oleh Plt Kepala MAN 2 Kota Cirebon, Imas Salamah.

Imas mengungkapkan siswa dan siswi didikannya itu kerap mengikuti kegiatan perlombaan di masa pandemi Covid-19 ini. Baik perlombaan di tingkat internal maupun eksternal madrasah, seperti perlombaan di tingkat Kota Cirebon hingga tingkat nasional.

"Alhamdulillah di masa pandemi ini, anak-anak tetap semangat untuk berprestasi, meskipun harus belajar jarak jauh, tapi Alhamdulillah anak-anak tetap semangat sehingga membuahkan prestasi," paparnya, Selasa (26/1/2021).

Ia pun memberikan apresiasi terhadap siswa dan siswinya itu, karena menurutnya di tengah pandemi ini masih tetap semangat dalam belajar dan berproses. Prestasi tersebut harus terus ditingkatkan.

"Anak-anak sering mengikuti kegiatan lomba, seperti di tingkat madrasah Kota Cirebon, Kompetisi Madrasah Sains Online (KMSO) tingkat nasional, terus ada dari lomba MGMP dan olimpiade online, anak-anak pada mengikuti, meskipun belum berhasil dapat prestasi semuanya," tuturnya.

Dengan belajar di rumah, kata Imas, siswa dan siswi didikannya itu sering mencari perlombaan secara otodidak. Kemudian mereka meminta izin ke sekolah serta meminta rekomendasi, ada yang melalui wali kelas ataupun bagian wakasek kesiswaan.

"Keaktifan kegiatan siswa di masa pandemi masih berjalan, memang pada prinsipnya belajar dari rumah, tapi berjalan dengan baik, ada yang menggunakan google meet, WhatsApp, zoom, dan lainnya," ujarnya.

Adapun untuk KBM tatap muka, lanjut Imas, pihaknya masih menunggu regulasi dari Pemerintah Kota (Pemkot), Kemenag dan Gugus Tugas Covid-19 Kota Cirebon. Ia mengaku akan mengikuti instruksi dari atasan.

"Harapannya, semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga anak-anak bisa melakukan pembelajaran tatap muka dengan efektif, dan bisa meraih prestasi dalam setiap ajang perlombaan, baik tingkat kota maupun nasional," ujarnya.

Sementara itu, Kepala TU MAN 2 Kota Cirebon, Miskana yang sering disapa Pak Mis menuturkan dalam kondisi pandemi Covid-19 dan tidak boleh berkerumun, otomatis pihaknya membatalkan kegiatan yang sebelumnya sudah direncanakan jauh sebelum pandemi Covid-19. "Kami mendapatkan juara 1 lomba baca puisi tingkat Kota Cirebon, atas nama Fitriyane. Kemarin kami juga mengikuti Kompetisi Madrasah Sains Online (KMSO) tingkat nasional, meskipun belum mendapatkan juara, tapi anak-anak bersemangat mengikuti perlombaan," pungkasnya. (*)

Pewarta : Ayu Lestari (MG-292)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.