Pendidikan

PKKMB UNMER Malang, Wapres Ajak Mahasiswa Memupuk Nasionalisme dan Tangkal Hoaks

Kamis, 16 September 2021 - 11:50
PKKMB UNMER Malang, Wapres Ajak Mahasiswa Memupuk Nasionalisme dan Tangkal Hoaks Wakil Presiden RI KH Maruf Amin saat memberikan kuliah umum di acara Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Merdeka (PKKMB Unmer) Malang. (foto: dok Unmer Malang)

TIMES CIREBON, MALANG – Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Merdeka (PKKMB Unmer) Malang hari kedua pada Selasa (14/9/2021) dibuka dengan sambutan Wakil Presiden (Wapres RI), KH Maruf Amin.

Wapres berpesan kepada mahasiswa baru agar memanfaatkan momen PKKMB untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus sebelum menjalani proses perkuliahan.

Wapres turut mengingatkan civitas akademika UNMER Malang agar meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan riset dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi serta meningkatkan kerjasama dengan dunia industri maupun perguruan tinggi lain baik di dalam maupun luar negeri secara berkelanjutan sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Mahasiswa baru UNMER Malang harus selalu memupuk rasa nasionalisme dan mampu membentengi diri dari paham liberalisme, sekularisme, radikalisme dan hoax melalui peningkatan wawasan kebangsaan di lingkungan kampus. Selain itu mahasiswa diharapkan menaati protokol kesehatan dalam upaya pencegahan COVID-19 dan aktif menggalakan program vaksinasi demi terciptanya herd immunity masyarakat Indonesia,” lanjut Wapres.

Asrendam V Brawijaya, Kol. Zainudin turut memberikan kuliah tamu tentang revolusi mental. Secara detil Asrendam memberikan penjelasan tentang kondisi geopolitik global yang terjadi saat ini mulai dari efek pandemi COVID-19 hingga pendudukan Taliban di Afghanistan. Disamping itu, pengaruh revolusi industri 4.0 juga berpengaruh kepada kecepatan akses informasi dan sosial budaya di masyarakat hingga tergerusnya nilai toleransi dan tingginya kasus korupsi.

“Atas dasar inilah gerakan revolusi mental yang tertuang dalam Inpres No. 12 Tahun 2016 bertujuan untuk memperbaiki dan membangun karakter bangsa mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong untuk membangun bangsa yang bermartabat dan sejahtera berdasarkan Pancasila,” tegas Kol. Zainudin.

Berikutnya, Sekretaris Dirjen Ristekdikti, Paristiyanti Nurwardani memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang leadership berbasis kreativitas dan kompetensi digital. Menurut Paristiyanti, “Kepemimpinan di era digital harus memiliki sikap responsif terhadap tantangan zaman serta mampu menjadi role model, membangun komunikasi, menciptakan inovasi dan memiliki kreativitas.”

Dengan menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten, diharapkan para mahasiswa baru Unmer Malang dapat menyerap berbagai penjelasan positif dan mengamalkannya sehingga tercermin sikap percaya diri, tangguh namun tetap rendah hati yang tercermin dalam filosofi Ksatria Bhirawa Anoraga. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.