Pendidikan

Mendikbudristek Minta Lembaga Pendidikan Berdaptasi dengan Teknologi Digital

Selasa, 19 Oktober 2021 - 12:26
Mendikbudristek Minta Lembaga Pendidikan Berdaptasi dengan Teknologi Digital Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim (Foto: Dok. Kemendikbud RI)

TIMES CIREBON, JAKARTAMenteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim meminta dunia pendidikan harus berinovasi ke sistem digital dan mulai beradaptasi.

Menurut Nadiem, pendidikan di abad 21 sudah mulai berubah dan dinamis, semua stakeholder di dalamnya dituntut beradaptasi dengan teknologi digital, dan memanfaatkan kekayaan artificial intelijen tersebut sebagai kekuatan baru.

Pendiri start Up ojek online tersebut membocorkan bahwa jajarannya saat ini sedang menyusun strategi khusus, agar inovasi pendidikan dalam negeri semakin maju dengan memanfaatkan kekayaan teknologi digital.

"Teknologi telah menjadi suatu kebutuhan namun demikian di satu sisi juga merupakan kesempatan bagi kita untuk bergerak maju ke arah masa depan yang lebih baik," kata Nadiem Makarim di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Nadiem mengatakan bahwa, pandemi global telah mengubah cara belajar mengajar yang selama ini sudah dilakukan. Pembelajaran daring secara penuh adalah hal baru bagi seluruh guru di dunia, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil. Saat ini, penerapan program Merdeka Belajar atau "Emancipated Learning" yang dikembangkan Kemendikbudristek telah mendukung para guru yang mengadaptasi pembelajaran secara daring.

"Saya berharap bahwa inisiatif-inisiatif Kemendikbudristek akan membantu peningkatan kualitas pendidikan di daerah-daerah yang sulit dijangkau serta memungkinkan masyarakat di daerah itu untuk dapat berkontribusi lebih terhadap perekonomian bangsa dan memenuhi apa yang menjadi potensi atau keunggulan mereka," kata Nadiem Makarim. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.