Pendidikan

Dinas Pendidikan Kota Cirebon Siap Hadapi PPDB dengan Sistem Online

Jumat, 28 Mei 2021 - 21:58
Dinas Pendidikan Kota Cirebon Siap Hadapi PPDB dengan Sistem Online Ilustrasi sekolah saat pandemi. (Foto: dok TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, CIREBON – Menghadapi Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021, Dinas Pendidikan Kota Cirebon sudah siap.

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, PPDB SMP pada tahun ini masih menggunakan sistem online. Sosialisasi mengenai PPDB ini akan dilaksanakan dari tanggal 27 Mei sampai 20 Juni 2021 mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Irawan Wahyono.

Setelah mengikuti sosialisasi PPDB Tingkat Kota Cirebon di SMPN 4 Kota Cirebon, pada Kamis (27/5) lalu, Irawan mengatakan secara umum Disdik dan sekolah sudah siap mengikuti seluruh tahapan PPDB.

"Adapun pelaksanaannya direncanakan mulai pada tanggal 28 Juni mendatang. Kami sudah siapkan tahapan PPDB yang diupayakan lebih baik dari tahun kemarin," ujarnya, Jumat (28/5/2021).

Ia melanjutkan tentu dengan pengalaman sebelumnya, pihaknya siap untuk menghadapi PPDB. Mengingat masa Pandemi Covid-19 pelaksanaanya melalui online sesuai dengan kebijakan pemerintah.

"Pelaksanaan PPDB untuk SMP dilakukan secara online, sedangkan untuk TK dan SD tetap mengikuti protokol kesehatan," terangnya.

Menurutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Pramuka, dan organisasi lainnya.

Hal ini untuk mendukung bahwa tahapan pelaksanaan PPDB sesuai Peraturan Wali Kota Cirebon nomor 43 tahun 2021. “Jika sudah saling integrasi, sinkronisasi data akan lebih mudah untuk pelaksanaan PPDB tahun 2021,” jelasnya.

Masih kata Irawan, berdasarkan Peraturan Wali Kota tercatat PPDB tingkat SMP pembagian jalur zonasi sebesar 50 persen, 30 persen jalur prestasi, 10 persen jalur afirmasi, 5 persen jalur anak guru, dan 5 persen untuk siswa yang ikut perpindahan orang tua ke Kota Cirebon.

"Dengan pembagian tersebut diupayakan akan terjadi peningkatan kualitas pendidikan di Kota Cirebon,"paparnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdik Kota Cirebon, Asep Komara yang didampingi Kepala Seksi PTK SMP, Toto Haryanto mengatakan saat ini tidak ada istilah sekolah favorit di Kota Cirebon.

Dikatakannya, bahwa Disdik Kota Cirebon mendorong agar siswa sekolah di lingkungan tempat tinggalnya. “Dengan kualitas SDM yang sama, tentu tidak ada istilah sekolah favorit," tegasnya.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Cirebon, saat ini kualitas guru di Kota Cirebon sudah hampir merata sehingga para siswa dapat sekolah di sekitar tempat tinggalnya termasuk sekolah swasta. (*)

Pewarta : Dede Sofiyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.