Gaya Hidup

Bisnis Lewat Smartphone, Pilih Mana: Instagram atau Facebook?

Minggu, 08 November 2020 - 05:06
Bisnis Lewat Smartphone, Pilih Mana: Instagram atau Facebook? Tangkap layar logo INSTAGRAM dan FACEBOOK di layar handphone. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES indonesia)

TIMES CIREBON, MALANG – Pandemi Covid-19 membuat pergeseran besar dalam tipologi aktivitas ekonomi hari ini. Sebelumnya mengandalkan metode konvensional, kini mulai mengandalkan platform digital. Itulah sebabnya, smartphone atau ponsel pintar kini menjadi barang pokok yang wajib dimiliki.

Yup, sosial media (medsos) seperti instagram hingga facebook kini menjadi ujung tombak dalam strategi pemasaran suatu produk. Di sana, pelaku usaha dan content creator saling berlomba adu kreativitas membuat ribuan kreasi konten untuk menggaet konsumennya masing-masing.

Namun, sebelum menyelami dunia konten lebih dalam, ada baiknya anda juga perlu tahu grafik tren konsumsi sosial media sehingga anda benar-benar tahu akan menggunakan 'senjata' apa. Apakah sebaiknya memasarkan produk lewat instagram atau facebook? Atau bahkan mungkin medsos lain?

INSTAGRAM-dan-FACEBOOK-2.jpg

Business Solutions Consultant Socialbakers, Mr Gabriel Tay menuturkan kedua medsos yakni Instagram dan Facebook punya pengaruh tinggi dalam hal tingkat kunjungan hingga interaksi audiens. 

Tingkat konsumsi media sosial tercatat menyentuh angka 78 persen. Dari sekian pertumbuhan itu, tren tingkat konsumsi konten video mencapai 76 persen dan streaming live video sebesar 70 persen.

Jika merunut data yang dirilis Socialbakers, dari ribuan konten yang membanjiri medsos, tercatat interaksi audiens jauh lebih intens terjadi di Instagram, jika dibanding di Facebook. Total audiens Instagram sendiri 20 kali lihat dari total pengguna Facebook, saat ini.

"Namun sejauh ini, streaming video Live di Facebook rupanya menjadi platform pilihan, karena paling mudah untuk berkomunikasi langsung dengan penonton," terang Mr Gabriel Tay dalam acara Webinar Galaxy Creator Workshop Be Creator Be Awesome You gagasan Samsung dan Forum Wartawan Teknologi (Forwat), Rabu (4/11/2020).

Socialbaker mencatat, sejak April 2020, pengguna Facebook Live mencapai angka 12,2 persen. Meski mulai banyak ditinggal, Facebook masih mampu mengakomodir kebutuhan para penggunanya. 

Menurut Gabriel Fay, Facebook memiliki kelebihan dalam penyajian konten video dengan durasi lebih panjang daripada Instagram. Itulah yang membuat tingkat audiens di Facebook masih tinggi.

Namun, menurut data dari Socialbakers pula, Instagram lebih unggul dalam tingkat interaksi audiens.

Penyajian format video maupun foto di Instagram, kata Gabriel lebih memikat audiens untuk berinteraksi di timeline, jika dibanding Facebook. Facebook, hanya lebih unggul dalam mendatangkan penonton, daripada tingkat interaksi di timeline.

"Jadi, jika memang ingin meningkatkan tingkat engagement dengan audiens, memang lebih disarankan membuat konten di instagram,'' ungkapnya menyarankan.

Terlepas dari itu, Socialbakers juga mendapati fakta lain bahwa jenis konten yang menarik juga dilihat dari lama durasi konten video tersebut. Idealnya, saran dia sekitar 1-5 menit. ''Kalau lebih, disarankan upload di channel Youtube saja,'' ujar Gabriel.

Selain itu, meringkas ide dan pesan utama suatu produk harus tersampaikan dengan baik di menit-menit awal video. Jangan sampai video kita sudah tampak membosankan di 10 detik pertama.

"Jadi memang ada banyak tips. Konsepnya 4 E yakni Emotions, Exclusive, Experience dan Engagement,'' terangnya.

Jika dijabarkan, Emotions adalah dimana content creator wajib mengeksplorasi konten hingga menyentuh aspek emosional audiens. Lalu, Exclusive adalah dengan cara tidak menyebar atau mengobral konten di semua platform.

Selain itu, content creator juga harus melibatkan faktor pengalaman audiens dalam konten tersebut (Experience). Dan terakhir adalah Engagement, dimana ada keterlibatan audiens dalam konten video yang dibuat.

Lebih jauh, semua hal itu pada dasarnya sederhana dan bahkan bisa dibuat dengan hanya bermodal smartphone saja. Terlebih, didukung dengan pertumbuhan pesat teknologi smartphone saat ini.

"Device smartphone saat ini saya kira sudah canggih dan mumpuni. Kebutuhan untuk membuat konten video kini jadi lebih murah dan gampang," ungkapnya. (*)

Pewarta : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.