https://cirebon.times.co.id/
Gaya Hidup

107 Bhabinkamtibmas Polresta Cirebon Ikuti Pelatihan Tracer Covid-19

Sabtu, 27 Februari 2021 - 15:21
107 Bhabinkamtibmas Polresta Cirebon Ikuti Pelatihan Tracer Covid-19 Polresta gelar pelatihan Tracer covid-19 kepada Bhabinkamtibmas. (Foto: Humas Polresta Cirebon)

TIMES CIREBON, CIREBONPolresta Cirebon menggelar pelatihan Tracer Covid-19 kepada Bhabinkamtibmas di Gedung PGRI, Desa Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan tersebut diikuti oleh 107 Bhabinkamtibas Polsek zona tengah jajaran Polresta Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi menuturkan pelatihan ini bertujuan agar Bhabinkamtibmas dapat membantu para tenaga kesehatan (nakes) di setiap desa atau kelurahan dalam melacak kontak erat pasien Covid-19.

Ia menuturkan Bhabinkamtibmas wajib mengetahui kluster penyebaran virus corona di wilayah binaannya masing-masing.

"Nantinya mereka mendapat pelatihan khusus untuk memaksimalkan pelacakan kasusnya," kata Syahduddi, Sabtu (27/2/2021).

Syahduddi mengatakan, pelatihan ini juga untuk mendukung Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro yang diberlakukan di Kabupaten Cirebon.

Dalam pelatihan itu Bhabinkamtibmas diberi pemahaman dasar mengenai Covid-19. Mulai dari penyebabnya, gejala atau tanda-tandanya, dan cara pencegahan serta pengendaliannya.

"Mereka juga dibekali cara tracing atau pelacakan kontak erat pasien Covid-19, tujuan tracing, dan teknis pencatatannya. Yang nantinya Bhabinkamtibmas dilibatkan sebagai tracer mendampingi nakes di masing-masing wilayah," ujarnya.

Posisi Bhabinkamtibmas menjadi penting jika terjadi penolakan tracing dari masyarakat. Bahkan, selain menjaga keamanan lingkungan, Bhabinkamtibmas pun ikut serta melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan peran Bhabinkamtibmas di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Termasuk melakukan sosialisasikan vaksinasi Covid-19 aman dan halal," jelasnya.

Ia berpesan agar para Bhabinkamtibmas dapat memahami dengan baik materi-materi yang disampaikan dan diimplementasikan dalam bertugas saat terjun di tengah masyarakat.

"Pelatihan ini dilaksanakan tiga kali dan diikuti Bhabinkamtibmas Polsek zona timur, zona tengah, serta zona barat jajaran Polresta Cirebon,"pungkasnya.(*)

Pewarta : Dede Sofiyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.