Gaya Hidup

Empat Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi Ini Wajib Diketahui

Sabtu, 05 Juni 2021 - 11:09
Empat Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi Ini Wajib Diketahui Daging salmon mengandung Protein tinggi yang baik untuk Bayi (Foto: iStockphoto)

TIMES CIREBON, JAKARTASalmon sudah sering disebut sebagai ikan yang mempunyai nilai gizi cukup tinggi. Maka dari itu ikan ini sangat cocok diberikan untuk bayi dalam masa MPASI (Makanan Pendamping Asi).

Bayi yang sudah berumur 6 bulan atau lebih sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein agar membantu perkembangan otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Daging ikan salmon memiliki nutrisi esensial seperti asam lemak omega 3 yang dinilai bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa kandungan nutrisi lain yang dimiliki salmon di antaranya:

- Kalori: 185 Kkal
- Lemak tak jenuh ganda: 2,1 g
- Lemak tak jenuh tunggal: 1,5 g
- Sodium: 107 mg
- Protein: 31,7 g
- Vitamin A: 3% dari kebutuhan per hari
- Kalsium: 2% dari kebutuhan per hari
- Zat besi: 7% dari kebutuhan per hari

Dan berikut ini adalah manfaat dari ikan salmon baik untuk bayi:

1. Meningkatkan kecerdasan otak bayi

Tentu pada masa tumbuh kembang, bayi membutuhkan asupan makanan yang baik. Asupan makanan akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak, termasuk kesehatan otak anak. Ikan salmon adalah salah satu makanan yang bisa ibu jadikan sumber zat gizi yang baik bagi perkembangan otak anak.

Kandungan omega-3, mineral, dan vitamin B yang cukup tinggi nyatanya sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Ikan salmon bisa menjadi pilihan MPASI bagi ibu karena pengolahannya yang terbilang mudah. Rasanya yang sudah gurih dan lezat juga akan menambah cita rasa dalam menu MPASI anak.

2. Menyehatkan jantung

Mengonsumsi ikan berlemak yang baik seperti salmon, telah terbukti menyehatkan untuk jantung orang dewasa. Manfaat serupa, juga berlaku untuk bayi. Dengan mencukupi kebutuhan Omega-3, Anda sudah membantu menjaga kesehatan jantung Si Kecil dalam jangka panjang.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan nutrisi yang ada pada ikan salmon ternyata mampu membuat tubuh bayi lebih kuat melawan berbagai macam penyakit. Asam amino yang terkandung dalam ikan salmon nyatanya dapat menjaga kesehatan dari saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, memberikan ikan salmon kepada bayi nyatanya juga dapat menjaga kesehatan jantung bayi agar terhindar dari beberapa penyakit, seperti radang sendi, kardiovaskular, dan juga diabetes.

4. Menjaga kekenyalan kulit bayi

Memberikan bayi ikan salmon dalam menu MPASI nyatanya dapat membuat kesehatan kulit bayi terjaga. Dengan demikian, bayi akan terhindar dari beberapa penyakit kulit.

Kandungan asam lemak esensial yang ada dalam daging ikan salmon juga dapat mendorong kulit untuk menahan air dan membuat kulit bayi menjadi halus dan lebih lembap. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.