Ekonomi

Politisi Golkar Ini Dukung Upaya Menperin RI Berantas Kemiskinan Ekstrem di Indonesia

Selasa, 05 Oktober 2021 - 16:18
Politisi Golkar Ini Dukung Upaya Menperin RI Berantas Kemiskinan Ekstrem di Indonesia Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin - (FOTO: dokumentasi golkarpedia.com)

TIMES CIREBON, JAKARTA – Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin mendukung langkah Menteri Perindustrian (Menperin RI) Agus Gumiwang Kartasasmita yang akan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain guna menghapus kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Menurutnya, kebijakan tersebut sejalan dengan upaya pemerintahan Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin yang menargetkan pengentasan kemiskinan ekstrem jadi nol persen pada 2024 mendatang.

"Saya kira langkah ini penting untuk pengentasan kemiskinan di seluruh Indonesia," kata Mukhtarudin dalam keterangan tertulisnya, Selasa 5 Oktober 2021.

Sekedar diketahui, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita pada Senin 4 Oktober 2021, mengatakan ada tiga pilar utama diperlukan dalam membangun industri nasional, yaitu investasi, teknologi, dan sumber daya manusia.

Pembangunan SDM terus dilakukan Kemenperin guna memacu kinerja industri agar bisa memberikan kontribusi signifikan bagi pemulihan ekonomi nasional.

"Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Penumbuhan wirausaha baru tersebut dilakukan secara intensif dan termonitor untuk terus dapat meningkatkan produktivitas dan daya saingnya di era digital," kata dia. 

Mukhtarudin berharap, pemerintah terus berupaya menekan tingkat kemiskinan di Indonesia dan juga kesenjangan ekonomi yang terus terjadi terdampak Covid-19. Saat ini, angka kemiskinan di Indonesia tercatat pada angka 10,14 persen, angka ini meningkat dari angka pada 2019, namun ada sedikit penurunan dari 2020 sebesar 10,19 persen.

"Saya berharap strategi Menperin RI ini dapat mengakselerasi penurunan angka kemiskinan nol persen pada tahun 2024," demikian Mukhtarudin.

Pewarta : Haris Supriyanto
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.