Ekonomi

HIPMI Majalengka Gelorakan Budidaya Porang ke Petani

Senin, 24 Agustus 2020 - 16:54
HIPMI Majalengka Gelorakan Budidaya Porang ke Petani Ketua Bidang Pertanian BPC HIPMI Kabupaten Majalengka, Yana sosialisasi tentang restorasi tanah untuk pertanian organik porang kepada kelompok tani. (Foto: Jaja Suamarja/TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, MAJALENGKAHIPMI Majalengka mendukung kelompok tani penggiat tanaman Porang menggelar sosialisasi tentang restorasi tanah untuk pertanian organik.

Ketua pantia Yana Nurdiana mengatakan, kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari pemberian bibit porang ke masyarakat beberapa bulan lalu. Tanaman porang yang jarang ditanam dan dikenal petani ke depan bisa menjadi salah satu tanaman unggulan.

"Selain itu ada pelatihan pembuatan media tanam dan pupuk organik," kata Yana di sekertariat Lumbung Petani Kita, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (24/8/2020).

Menurut Yana sekaligus Ketua Bidang Pertanian BPC HIPMI Kabupaten Majalengka, tanaman porang sangat cocok untuk ditanam di daerah Majalengka yang dingin, terutama di Desa Payung dan Desa Teja. Karena di wilayah itu, merupakan wilayah endemik tanaman porang.

"Adapun sistem yang diterapkan dalam pemberian bibit tersebut yaitu dengan sistem plasma, yakni memberikan modal bibit dan dibeli hasilnya. Untuk harganya, umbi tanaman porang dibeli Rp 8 ribu per kilogram," ungkapnya.

Yana berharap, budidaya tanaman porang bisa menjadi salah satu alternative sumber mata pencaharian bagi masyarakat di Kabupaten Majalengka dan tanaman porang bisa menjadi cikal bakal pengembangan ke daerah lainya.

Sementara itu, pemateri dari Universitas Indonesia prof Nur Arif menjelaskan, Porang adalah jenis tanaman yang sedang jadi pembicaraan banyak kalangan, selain petani juga para pengusaha export juga sedang memburu tanaman porang tersebut.

"Porang adalah bahan baku yang banyak kegunaannya selain untuk makanan yang sangat menggiurkan harganya untuk negara Jepang, juga banyak digunakan untuk bahan kosmetik dan bahan baku lem," Jelas pakar bakteri mikrobiologi Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia.

Ketua Kelompok Tani Desa Payung, Eko sangat mengapresiasi kegiatan yang didukung HIPMI Majalengka ini dan dengan pemberian bibit tanaman porang kepada anggotanya bisa segera di panen dan berharap dengan menanam Porang tersebut bisa menambah pendapatan perekomian para petani. "Sampai saat ini sudah ditanam 100 ribu bibit Porang di lahan sekitar 5 hektar di Desa Payung dan Desa Teja ini," jelas Eko. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.