https://cirebon.times.co.id/
Berita

Disdukcapil Kota Cirebon Bersiap untuk Wujudkan KTP Digital

Jumat, 21 Januari 2022 - 14:19
Disdukcapil Kota Cirebon Bersiap untuk Wujudkan KTP Digital Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menunjukan Kartu Keluarga Digital. (foto. Muslimin/Timesindonesia)

TIMES CIREBON, CIREBON – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tengah melakukan uji coba KTP elektronik (e-KTP) dalam bentuk digital. Uji coba KTP Digital ini sudah dimulai sejak 2021 di 58 kabupaten/kota di Indonesia.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, Rahmat menjelaskan, meskipun Kota Cirebon masih belum termasuk dalam daerah yang tengah diujicobakan tersebut, namun Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran sudah mulai digital.

"Kota Cirebon belum masuk dalam uji coba KTP digital," jelasnya, Jumat (21/1/2022).

Meskipun begitu, lanjutnya, pihaknya tengah mempersiapkan apabila nantinya Kota Cirebon akan menjadi salah satu kota yang akan diujicobakan dalam KTP Digital ini.

Rahmat menjelaskan, keunggulan KTP Digital ini, masyarakat tidak perlu khawatir rusak ataupun hilang. Karena data KTP tersebut tersimpan di database Disdukcapil. Masyarakat bisa mengaksesnya lewat email yang dikirimkan, maupun melalui aplikasi.

"Jadi kalau mau digunakan, tinggal cetak sendiri saja," jelasnya.

Nantinya, lanjutnya, di KTP Digital terdapat QR Code yang menunjukkan data dari KTP tersebut. Sehingga, selain bisa untuk scan KTP, juga bisa mencegah apabila adanya perubahan data KTP secara ilegal. "Apabila ada kecurangan, nanti bisa terbaca di QR Code-nya," tuturnya. (*)

Pewarta : Nurhidayat
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.