Berita

Gelar Shalat Idul Fitri, Muslim  Indonesia di Australia Kirim Doa untuk Palestina

Jumat, 14 Mei 2021 - 14:48
Gelar Shalat Idul Fitri, Muslim  Indonesia di Australia Kirim Doa untuk Palestina Umat muslim Indonesia di Australia menggelar Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H  bertempat di the Croatian Club, Sydney pada Jumat (13/5/2021). (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, AUSTRALIA – Umat muslim Indonesia di Australia menggelar Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H  bertempat di the Croatian Club, Sydney pada Jumat (13/5/2021).

Ustadz Shaifurrokhman Mahfudz Lc MA, yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Australia, dalam khutbahnya menyampaikan bahwa fenomena penindasan terhadap bangsa Palestina menandakan ketidakberdayaan umat Islam. 

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya membangkitkan keberdayaan umat Islam di berbagai sektor, termasuk ekonomi. Ia meyakini umat Islam Indonesia dengan karakteristik Islam wasathiyah-nya (Islam moderat) memiliki peran penting dalam kebangkitan umat Islam secara umum.

shalat id australia 03

Ustadz Shaifurrokhman Mahfudz Lc MA, yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Australia bertindak sebagai khatib Shalat Idul Fitri (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Di kesempatan ini pula, Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Hartanto Subolo memanfaatkan momen untuk memohon pamit kepada para jamaah mengingat masa tugas sebagai Konjen RI Sydney akan berakhir pada Juni 2021 mendatang.

 "Saya mengajak para jamaah untuk mendoakan umat Islam di seluruh dunia yang sedang ditimpa ujian dan cobaan, termasuk saudara-saudara kita di Palestina, serta para pemimpin, tenaga kesehatan, dan seluruh bangsa Indonesia yang sedang berjuang mengatasi pandemi Covid-19 di tanah air," ujar Konjen Heru Hartanto Subolo dalam sambutannya.

shalat id australia 02

Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Hartanto Subolo memohon pamit kepada warga Indonesia di Australia (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Kegiatan Shalat Idul Fitri diselenggarakan Centre for Islamic Dakwah and Education (CIDE) New South Wales yang merupakan salah satu organisasi muslim Indonesia terbesar di Australia. 

Dalam sambutannya, Presiden CIDE NSW, Herman Rahman, mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat yang tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah setempat ini. Shalat Idul Fitri kali ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi yang dihadiri sekitar 1.386 jamaah.

Penyelenggaraan kegiatan Shalat Idul Fitri di Sydney dikoordinasikan oleh sejumlah komunitas muslim, termasuk komunitas muslim Indonesia, seperti di antaranya CIDE NSW, Ashabul Kahfi Islamic Centre (AKIC), IQRO Foundation dan Islamic Society of Manly Warringah (ISMW). 

shalat id australia 04

Shalat Idul Fitri kali ini disambut antusiasme warga Indonesia di Australia (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Adanya Shalat Idul Fitri ini mendapatkan tanggapan positif dan antusiasme sangat besar dari masyarakat. Hal ini tentunya sangat dimaklumi mengingat tahun lalu umat Islam di Australia, termasuk di Sydney, terpaksa harus melaksanakan Shalat Idul Fitri di rumah masing-masing.

Di tahun ini, pemerintah setempat memperbolehkan penyelenggaraan kegiatan keagamaan yang melibatkan massa dalam jumlah besar, terutama mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang secara umum membaik. 

Meskipun demikian, setiap penyelenggara kegiatan harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, termasuk Shalat Idul Fitri yang digelar umat muslim Indonesia di Australia kali ini. (*)

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.