Berita

Bupati Cirebon Minta Instansi Pemerintah Kelola Arsip dengan Baik dan Benar

Senin, 14 Juni 2021 - 22:54
Bupati Cirebon Minta Instansi Pemerintah Kelola Arsip dengan Baik dan Benar Bupati Cirebon H.Imron saat sambutan bimbingan teknis pengelolaan kearsipan. (Foto: Dok Humas Pemkab Cirebon for TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, CIREBONPemkab Cirebon mengajak kepada semua instansi pemerintah di wilayah Kabupaten Cirebon baik OPD, kecamatan, kelurahan/desa serta ormas dan organisasi politik untuk melakukan pengelolaan kearsipan dengan baik dan benar. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Cirebon H.Imron.

Menurut Imron, arsip merupakan dokumen penting yang harus dijaga. Sebab, kata dia, arsip memiliki nilai dan bukti penting karena merupakan bahan bukti resmi penyelenggaraan administrasi pemerintah dan berbangsa dan bernegara.

"Adanya arsip ini diharapkan menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah Karena kearsipan memegang peran penting,"ujar Imron, Senin (14/6/2021).

Selain itu, ketika menghadapi suatu persoalan yang nantinya akan dilihat dari arsip. Karena arsip sendiri menjadi tulang punggung pemerintahan, pembangunan dan menjadi bahan pertanggungjawaban kinerja organisasi.

"Arsip juga harus dikelola dengan profesional dan sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku. Dan semoga para peserta yang mengikuti diklat kearsipan bisa menerapkan apa yang didapat," jelasnya.

Bupati Cirebon H IMronBupati Cirebon H.Imron saat sambutan bimbingan teknis pengelolaan kearsipan. (Foto: Dok Humas Pemkab Cirebon for TIMES Indonesia)

Tersambung Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, H. Hendra Nirmala mengatakan, pihaknya akan melakukan sistem digitalisasi baik untuk perpustakaan ataupun kearsipan.

Apalagi kata dia, di era serba digital ini semua harus mengikuti perkembangan zaman yang ada. Pihaknya sedang menata sistem untuk melakukan digitalisasi untuk arsip dan perpustakaan. "Jadi nanti selain ada bukti fisik kami juga mempunyai bukti secara digital," katanya.

Masih kata Hendra, selama ini masih banyak orang yang menganggap tidak penting adanya arsip. Padahal, keberadaan arsip sangat dibutuhkan untuk memberikan bukti yang lebih konkret.

"Apalagi akan ada pilwu serentak, jadi data-data hasil pilwu harus tersimpan dengan baik. Misalkan ada gugatan, pemerintah daerah sudah mempunyai bukti-buktinya," pungkasnya menambahkan pernyataan Bupati Cirebon.(*)

Pewarta : Dede Sofiyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.