https://cirebon.times.co.id/
Berita

Bupati Cirebon: Kuwu Harus Berperan Aktif Sebagai Motivator dan Inovator dalam Pembangunan

Sabtu, 27 Februari 2021 - 20:21
Bupati Cirebon: Kuwu Harus Berperan Aktif Sebagai Motivator dan Inovator dalam Pembangunan Lantik dua Kuwu di Cirebon, Bupati minta Kuwu harus berperan aktif sebagai motivator. (Foto: Humas Pemkab Cirebon)

TIMES CIREBON, CIREBONBupati Cirebon, Imron melantik Kuwu Desa Bojong Lor, Kecamatan Jamblang dan Desa Kaligawe, Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon di Pendopo Bupati Cirebon, Sabtu (27/2/2021).

Kuwu Desa Bojong Lor, Kecamatan Jamblang dijabat oleh Badrul Jaman, sedangkan kuwu Desa Kaligawe, Kecamatan Susukan Lebak dijabat oleh Imam Sutomo.

"Dengan dilantiknya dua kuwu ini, mereka secara resmi telah mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin di desanya," ujar Imron.

Imron mengatakan para kuwu ini harus mampu menjalankan roda pemerintahan di desa.

"Mereka para kuwu harus berperan aktif sebagai motivator dan inovator dalam pembangunan di tengah-tengah masayarakat," terangnya.

Imron menuturkan kuwu harus bisa merangkul semua elemen masyarakat dengan mengedepankan peran rakyat pada setiap aspek kehidupan dengan memfungsikan lembaga kemasyarakatan di desa.

"Mereka harus bisa menerima masukan dan kritikan dan mampu membaca setiap keinginan warga demi kemajuan desa," ucapnya.

Ia mengajak para kuwu untuk menggali potensi yang ada di desanya. Sebab, setiap desa pasti mempunyai potensi untuk mensejahterakan rakyatnya.

"Kuwu itu harus tetap menjalin komunikasi baik dari Pemerintah Kabupaten Cirebon maupun Muspika sehingga setiap ada permasalahan di desa bisa cepat terselesaikan," tuturnya.

Masih dikatakannya, kuwu harus mengantisipasi datangnya musibah di daerahnya. Sebab akhir-akhir ini cuaca di wilayah Kabupaten Cirebon cukup ekstrem. Dan para kuwu harus terus melakukan koordinasi dengan para pihak terkait.

Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih mengajak para kuwu yang diantik untuk melakukan kerja nyata di masa pandemi Covid-19.

"Seperti PPKM mikro ini garda di depannya ada di desa seperti RT, RW nya sehingga ini menjadi kerja keras kuwu baru untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19," terangnya.

Ia menambahkan masih ada permasalahan yang cukup besar yang ada di Kabupaten Cirebon seperti masalah sampah. Karena selama ini masalah sampah yang belum juga terselesaikan.

"Saya berharap kuwu yang baru dilantik bisa menyelesaikan sampah minimal di desanya. Jadi kalau sampah terselesaikan minimal di tingkat desa, Kabupaten Cirebon bisa sedikit teratasi untuk maslaah sampahnya," pungkasnya saat mendampingi Bupati Cirebon. (*)

Pewarta : Dede Sofiyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.