https://cirebon.times.co.id/
Berita

ISEI Jawa Barat Ikuti Sarasehan Ekonomi di Kantor Perwakilan BI Cirebon

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:39
ISEI Jawa Barat Ikuti Sarasehan Ekonomi di Kantor Perwakilan BI Cirebon Foto bersama usai pelaksanaan Sarasehan Ekonomi Jawa Barat. (Foto: Humas BI Cirebon)

TIMES CIREBON, CIREBON – Jajaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Provinsi Jawa Barat bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat menyelenggarakan Sarasehan Ekonomi Jawa Barat sebagai salah satu rangkaian kegiatan West Java Economic Society (WJES) 2022, Rabu (28/6/2022).

Pada Seri pertama sarasehan ini, mengambil tajuk "Menakar Potensi Sektor Maritim dan Perikanan Sebagai Penopang Kemajuan Ekonomi Jawa Barat". Nantinya, agenda tersebut akan dilanjutkan dengan sarasehan serupa untuk wilayah Jawa Barat bagian Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Kantor Bank Indonesia Cirebon ini diselenggarakan untuk memajukan ekonomi wilayah Jawa Barat bagian Utara (Ciayumajakuning), terutama melalui potensi sektor maritim dan perikanan. 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Bambang Pramono menjelaskan, potensi maritim dan perikanan Jawa Barat sangat besar mengingat Jawa Barat berhadapan dengan sisi Laut Jawa di Utara dan Laut Hindia di Selatan. Di samping perikanan tangkap, budidaya perikanan tawar juga sangat besar.

"Potensi perikanan ini tidak hanya berhenti pada perikanan tangkap dan budidaya, namun juga memiliki potensi forward linkage yang besar terhadap industri makanan dan minuman, antara lain pengembangan industri pangan berbasis perikanan," Jelas Bambang melalui tulisan yang disampaikan, Kamis (30/6/2022).

Lebih lanjut, potensi ekspor komoditas perikanan juga cukup tinggi. Pada triwulan II tahun 2022, pangsa ekspor fishing terhadap total ekspor sektor pertanian Jawa Barat mencapai 10,6% dengan pertumbuhan mencapai 57,92%.

"Hal ini menunjukkan urgensi untuk terus mendorong potensi ekspor komoditas sektor potensial seperti fishery, di tengah indekator kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat Ciayumajakuning yang perlu terus ditingkatkan,"ujar Bambang.

Menurut Bambang, pengembangan sektor maritim dan perikanan juga berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di Jawa Barat. Pada basket inflasi, komoditas perikanan memberikan sumbangan 1,64% terhadap total nilai konsumsi masyarakat di Jawa Barat. 

"Upaya menjaga ketahanan pangan ini perlu didukung oleh peningkatan produktivitas perikanan budidaya dan hasil laut, yang memerlukan keterlibatan berbagai pihak. Upaya ini juga harus disinergikan dengan berbagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan dan pembudidaya ikan," tutur Bambang.

Dikatakan Bambang, dalam koridor upaya pemerintah untuk mendorong ekonomi yang lebih inklusif ini perlu adanya optimalisasi upaya implementasi Perpres No. 87 Tahun 2021 untuk Pengembangan Kawasan Rebana dan  Pengembangan Jawa Barat Bagian Selatan. Dimana, perikanan masuk sebagai salah satu fokus utama pengembangan ekonomi di Jawa Barat Utara dan Jawa Barat Selatan.

"Kegiatan Sarasehan Ekonomi di Cirebon ini akan ditindaklanjuti dengan langkah implementatif untuk menggali dan mengembangkan potensi sektor maritim dan perikanan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru, yang terintegrasi dengan industri, sekaligus mendukung pemenuhan pasokan dan stabilisasi harga, sehingga turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," kata Bambang.

Sarasehan ini sejumlah narasumber yang berkompeten di bidangnya. Yakni, Staf Ahli Bupati Indramayu Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Akhmad Budiharto, Finance Business Partner Manajer e-Fishery,    Lino Harsih Khaerunnisa, dan Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNPAD, yang juga selaku Staf Ahli Kementrian Perikanan dan Kelautan, Yudi Nurul Ihsan.

Sarasehan untuk wilayah Utara Jawa Barat, akan dilanjutkan dengan wilayah Priangan Timur yang merupakan kawasan Jawa Barat bagian selatan pada Juli 2022 mendatang. Adapun rangkaian kegiatan West Java Economic Society (WJES) 2022 akan dilaksanakan pada Juni-November 2022 yang terdiri dari, kompetisi Riset Rekomendatif (KRR) yang terbuka untuk umum, Digitalisasi Kampus dengan 23 perguruan tinggi di Jawa Barat, dan Sarasehan Ekonomi Jawa Barat berupa diskusi ekonomi yang dilakukan di sub komisariat ISEI wilayah Ciayumajakuning dan Priangan Timur. (*)

Pewarta : Muslimin
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.