Berita

Bila Ditetapkan Endemi, Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Dialihkan ke BPJS Kesehatan

Minggu, 22 Mei 2022 - 10:53
Bila Ditetapkan Endemi, Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Dialihkan ke BPJS Kesehatan Menko PMK Muhadjir Effendy (FOTO: Dok. Kemenko PMK)

TIMES CIREBON, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, biaya perawatan pasien Covid-19 tidak lagi ditanggung pemerintah, malainkan akan dibebankan ke BPJS Kesehatan.

Hal ini akan diberlakukan jika pemerintah menetapkan transisi Covid-19 di Tanah Air dari pandemi menjadi endemi.

"Kalau nanti sudah dinyatakan endemi otomatis menjadi penyakit infeksius biaya, penanganannya juga biasa. Termasuk nanti biayanya akan dialihkan yang selama ini subsidi langsung oleh pemerintah nanti akan dialihkan ke BPJS," ucapnya, dikutip Minggu (22/5/2022).

Menurut Muhadjir, kasus Covid-19 di Indonesia saat ini terus melandai. Pertambahan kasus dan angka kematian akibat virus corona ini juga semakin menurun tiap harinya. Fakta ini membuat Indonesia bersiap transisi dari pandemi menjadi endemi.

"Namanya endemi itu penyakitnya masih ada tapi sudah tidak lagi mewabah. Karena itu akan diperlakukan seperti penyakit infeksius lain seperti TB, pokoknya penyakit yang berkaitan dengan bakteri, virus, dan jamur yang biasa menjadi infeksi," tutur Muhadjir.

Muhadjir juga mengungkapkan bahwa dari angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, kemudian angka kematian sekarang sudah ada tanda-tanda Covid-19 bukan tertinggi dari penyakit yang lain.

Berdasarkan survei internal yang telah dilakukan Kemenko PMK di 18 Rumah sakit DKI Jakarta pada bulan Februari 2022, saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia telah turun di peringkat ke-14.

Dia menjelaskan, angka Covid-19 sudah di bawah dari penyakit-penyakit yang lain. Misalnya paling tinggi kematian itu kanker, kemudian pneumonia, peneumonia non spesifik, dan penyakit ginjal.

"Dengan begitu maka ini mengindikasikan bahwa memang Covid-19 ini alhamdulillah sudah bukan lagi penyakit yang menyumbangkan angka kesakitan dan kematian yang tinggi," ungkap Menko PMK Muhadjir soal pembiayaan pasien Covid-19 dialihkan ke BPJS Kesehatan. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.