Berita

Billy Mambrasar Angkat Prinsip Kesinambungan Rencana Pengembangan Industri saat Kunjungi Papua

Kamis, 24 Juni 2021 - 14:51
Billy Mambrasar Angkat Prinsip Kesinambungan Rencana Pengembangan Industri saat Kunjungi Papua Pemerintah Papua menyambut kedatangan Billy Mambrasar di bandana setempat. (Foto-foto: Billy Mambrasar for TIMES Indonesia)

TIMES CIREBON, PAPUAPapua telah menjadi sorotan pemerintah ataupun organisasi setempat karena percepatan pertumbuhannya disegala sektor. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan Billy Mambrasarselama 2 minggu ke Papua dan Papua Barat.

Dalam kunjungannya, Billy Mambrasar menyoroti prinsip dan kerangka kerja Indonesia Sustainable Development Goals (SDG) bagi seluruh sektor di Papua. Billy berharap prinsip-prinsip tersebut dapat diterapkan secara berkesinambungan.

Dalam kunjungannya ke Papua Barat pada 16-20 Juni kemarin, Billy Mambrasar didampingi Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Billy mengingatkan gubernur untuk selalu mencermati rencana pengembangan industri yang selaras dengan kearifan lokal.

Billy-Mambrasar-2.jpg

Billy Mambrasar juga menekankan pemerintah untuk melibatkan masyarakat setempat dalam setiap aksinya. Mereka juga perlu dilibatkan dalam menentukan strategi dan rencana yang tepat untuk wilayah mereka.

Sementara di Papua, Billy Mambrasar melakukan pertemuan dengan Dinas Pertanian Provinsi, dan membicarakan tentang inklusi masyarakat adat. Mereka kebanyakan berbicara tentang partisipasi pemuda dalam program Pertanian Milenial Nasional.

Program ini akan memastikan bahwa prinsip-prinsip kesinambungan dan perlindungan lingkungan akan dipakai oleh pemuda setempat dalam kegiatan pertanian mereka. Hal ini akan memberi manfaat bagi masyarakat setempat dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pertanian.

“Saya mengingatkan kedua pemerintah daerah, bahwa mengadaptasi dan mengadopsi prinsip SDGs adalah untuk kepentingan mereka (pemerintah provinsi). Ini bukan pekerjaan tambahan, hanya melakukan kegiatan yang sama dengan cara yang berbeda, dan mengukur dampak dari apa yang telah kami lakukan dengan secara berkesinambungan," kata Billy Mambrasar.

Billy-Mambrasar-3.jpg

Billy juga menyempatkan diri berkunjung ke Pulau Yapen, untuk melihat produksi komoditas lokal, seperti kopi, kakao, rumput laut, dan vanili. Kunjungannya bertujuan untuk memberikan pandangan bagi Bupati setempat untuk merangkai produk dan menerapkannya di pasar internasional.

Billy ditunjuk oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menjadi salah satu dari tiga Duta SDG. Dia akan mewakili SDG mempromosikan penerapan prinsip-prinsip SDG di seluruh Indonesia. Sejak dilantik, Billy telah mengunjungi 17 provinsi, bertemu dengan 15 Gubernur, untuk membantu menetaskan Rencana Aksi Daerah untuk memasukkan SDG.

Dia telah diundang ke ratusan acara untuk berbicara tentang advocating SDG termasuk masalah sampah plastik di Indonesia, dan di Asia dalam Konferensi Kelautan dan Maritim Internasional di Oslo, Norwegia, pada 2019.

Billy Mambrasar juga merupakan salah satu dari 11 Staf Khusus Presiden sejak November 2020. Dalam perannya, ia terus mengangkat prinsip-prinsip SDG. Billy memberikan beberapa pandangan kepada Presiden untuk mempercepat pembangunan provinsi-provinsi terpencil di Indonesia. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cirebon just now

Welcome to TIMES Cirebon

TIMES Cirebon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.